Yanz110’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Cara Mengatasi BlackBerry Lemot

Enam Jurus Mudah Mengatasi Blackberry Lemot

Metrogaya-Blackberry mulai lemot? Blackberry mulai lambat loading aplikasi facebook? BBM-an tidak selancar dulu waktu Blackberry masih baru? Masalah Blackberry lemot memang sudah menjadi masalah banyak orang. Sedikit jurus-jurus sederhana anti Blackberry lemot mungkin bisa membantu anda.

Kebanyakan orang ketika menghadapi masalah Blackberry lemot seperti ini langsung buru-buru pergi ke toko hape untuk minta Blackberry-nya di-service. Padahal kalo mengetahui caranya, bisa mengatasi masalah Blackberry lemot tanpa bantuan teknisi toko hape. Caranya simpel saja. Berikut penjelasan langkah-langkahnya. Catatan jangan sampai kelalaian dalam menerapkan langkah demi langkah dari jurus-jurus di bawah ini.

Jurus 1
Aktifkan Fitur Conten Compression
Fitur Content Compression bekerja untuk mengecilkan segala file yang bisa dikecilkan ukurannya untuk menghemat kapasitas memory Blackberry.

Caranya :

options –> security options –> general setting –> pilih “enable” pada Content Compression

Jurus 2
Hapus Aplikasi Tidak Dipakai
Coba cek aplikasi apa saja yang sudah tidak kamu pake lagi. Kadang kita menginstal aplikasi karena penasaran sama judulnya yang kedengaran keren tapi ternyata tidak sesuai dengan harapan dan kebutuhan kita. Nah aplikasi-aplikasi seperti itu kadang lupa kita enyahkan dari Blackberry.

Caranya :

options –> advanced options –> applications –> arahkan track ke aplikasi yang mau dihapus –> tekan menu –> pilih delete

Catatan : Di menu aplikasi ini juga bisa menghapus :

– Game-game yang sudah tidak pernah dimainkan.

– Aplikasi bantuan huruf (font support) bahasa Jepang, Cina dan Korea kalo memang tidak butuh aplikasi bahasa-bahasa itu.

– Aplikasi Help. Kalo kamu sudah pake Blackberry dalam waktu lama dan sudah ngerti pake Blackberry gimana caranya, bisa hapus saja aplikasi Help ini.

Jurus 3
Bersihkan Browser
Browser bisa lemot kalo tidak dibersihkan secara berkala. Yang dibersihkan cuma : browser cache.
Apa itu browser cache? Setiap buka situs lewat browser, otomatis Browser ini akan mengingat pernah ke situs ini, situs itu, login sana, login sini dan sebagainya. Dia mengingat itu semua supaya dia bisa lebih cepat loading kalo besok-besok masuk ke situs yang sama. Ingatannya itu yang disebut cache.

Nah, lama kelamaan saking terlalu banyak yang mesti dia ingat, Browser ini jadi suka bingung sendiri. Ini terjadi karena tidak pernah membersihkan memori/ingatan Browser yang tidak jelas asalnya.

Caranya :
masuk ke browser –> tekan menu –> options –> cache operations –> hajar semua!!!

Hajar semua itu maksudnya pilih “clear” untuk semua : history, content cache, pushed content dan cookie cache.

Membersihkan browser cache ini bisa dilakukan paling sedikit seminggu sekali. Atau bisa juga beberapa kali dalam sehari.

Jurus 4
Hapus Lagu, Foto dan Video Tidak Perlu
Kalau misalnya ada lagu, foto atau video yang nda penting tapi masuk kategori “dibuang sayang”, maka sebaiknya kamu pindahkan saja ke komputer atau laptop. Gampang kan?

Jurus 5
Hapus Theme yang Tidak Dipakai
Ini juga salah satu yang sering dilupakan banyak orang. Mereka senang mencoba beberapa themes, tapi setelah itu theme-theme yang tidak dipake dibiarkan saja nangkring di Blackberry.

Caranya :
options –> theme –> arahkan track ke theme yang tidak dipake –> tekan menu –> delete

atau bisa juga :

options –> applications –> cari nama theme yang nda dipake –> tekan menu –> delete

Jurus 6
Bersihkan Fitus Memory
Setiap perangkat Blackberry dilengkapi dengan kemampuan mengingat (memori). Berbeda dengan memorinya Browser tadi yang cuma sebatas di browser saja, kali ini kita bicara tentang memori Blackberry dengan cakupan yang lebih sistemik.

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, adalah akan sangat mantap sekali bila mengakhirinya dengan sebuah proses yang namanya memory cleaning. Proses ini tidak pake aplikasi, pihak RIM sebagai pembuat Blackberry memang sudah membenamkan fitur ini ke dalam samudera sistem Blackberry.

Caranya :

options –> security options –> advanced security options –> memory cleaning

Nah di halaman ini ada beberapa pilihan :

Status : atur ke “enable”

Clean when hosltered :
holster adalah sarung kulit buat Blackberry yang original yang ikut dalam paket penjualan tiap Blackberry. Tiap Blackberry memang ada holster-nya tapi jarang orang yang pakai karena alasan holster kurang modis.

Padahal sebenarnya holster original itu bukan sekedar “Sarung Hape Tanpa Gaya”. Dia memang sudah dirancang oleh RIM selain untuk menghemat daya batre (Blackberry akan beralih ke mode stand by setiap kali dimasukkan ke dalam holster) tapi holster ini juga diciptakan untuk bersinergi dengan fitur-fitur tertentu misalnya ya fitur memory cleaning yang sedang dibicarakan ini.

Nah lewat pilihan Clean When Holstered ini, Blackberry bertanya,“Apakah Anda mau memory Blackberry Anda dibersihkan tiap saat Blackberry Anda dimasukkan ke holster atau ketika sedang berada dalam holster?”

Nah, kalo setuju dengan penawaran itu, maka aturlah “YES” di pilihan ini.

Clean When Idle :
plih yes kalo kamu setuju memory hape dibersihkan walau Blackberry dalam keadaan idle. Idle itu maksudnya Blackberry lagi tidak dipakai alias anteng-anteng aja.

Idle timeout :
Ini pengaturan tiap berapa menit memory mau dibersihkan dalam keadaan idle tadi. Silahkan pilih sendiri sesuai kebutuhan. Ada beberapa pilihan lainnya tapi tidak usah diubah.

Akhirnya, selamat! Sekarang Blackberry sudah dalam keadaan lebih bersih, lebih ringan, lebih sakti dan makin dahsyat!!!

Juni 23, 2010 - Posted by | Umum

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: